• Mengenal Fungsi-fungsi Tools Pada Palet Layer Photoshop

    Pada psotingan kali ini, saya akan menjelaskan tentang fungsi-fungsi tools pada Palet Layer Photoshop, pada postingan saya sebelumnya saya sudah membahas tentang pentingnya pemahaman konsep layer tersebut, bagi teman-teman yang belum baca silahkan baca di Pentingnya Pemahaman Konsep Layer Pada Photoshop. Ada banyak tools yang berada pada palet layer dan semua sangat penting diketahui, untuk lebih lanjutnya mari kita lihat gambar ilustrasi tentang tools yang ada pada Palet Layer Photoshop.



    Penjelasan :
    a. Layer Blending Option
    Digunakan untuk mengatur proses yang terjadi pada pixel-pixel layer terhadap layer yang ada posisinya berada dibawahnya.

    b. Eye Ball / Visibility
    Digunakan untuk mengatur tentang tampil atau tidaknya sebuah layer yang sedang Anda kerjakan dengan Photoshop. Cara pakainya, dengan melakukan klik pada icon tersebut.

    c. Image Adjustment Layer
    Ini menunjukkan sebuah gambar layer yang merupakan pengaturan warna.

    d. Layer Mask

    e. Link
    Digunakan untuk membuat agar bisa mengelompokkan banyak layer sekaligus. Cara memakainya dengan memilih nama-nama layer yang diinginkan (dengan Shift + Klik), kemudian klik icon ini.

    f. Layer Style
    Digunakan untuk membuat layer.

    g. Add Layer Mask
    Digunakan untuk menutup/melindungi sebagian/seluruh lapisan gambar dari proses pengeditan.

    h. New Adjustment Layer
    Digunakan untuk membuat layer yang berfungsi sebagai pengubahan warna.

    i. Layer Group
    Digunakan untuk mengelompokkan beberapa layer menjadi suatu kumpulan layer, agar mempermudah proses pekerjaan yang menggunakan banyak sekali layer.

    j. New Layer
    Digunakan untuk membuat layer baru yang kosong, ataupun untuk membuat duplikat layer. Untuk membuat duplikat layer, lakukan dengan cara menggeser nama layer ke icon ini.

    k. Delete Layer
    Digunakan untuk menghapus layer. Aktifkan layer yang ingin dihapus, kemudian klik icon ini.

    l. Locked layer
    Gambar icon gembok (maksudnya kunci) ini menunjukkan bahwa layer ini dalam kondisi terkunci. Biasanya gambar dengan ekstension .jpg akan mempunyai layer background yang selalu terkunci. Untuk membuka kunci pada layer background ini, caranya dengan melakukan klik 2 kali pada layer tersebut, kemudian klik OK pada kotak dialog yang muncul.

    m. Fill Opacity
    Digunakan untuk mengatur tingkat transparansi layer. Namun tidak sama dengan Opacity, karena Fill ini tidak mengatur bagian yang merupakan Layer Style. Jadi pilihan Fill ini akan bermanfaat jika Anda juga menerapkan Layer Style.

    n. Opacity
    Digunakan untuk mengatur tingkat transparansi layer. Semakin kecil nilai prosentasenya, maka layer/gambar Anda akan semakin transparan.

    o. Folder Layer Group

     Sekian dan terimaksih, semoga bermamfaat !

  • Video of the Day

    Flickr Images

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13