• Pentingnya Pemahaman Layer Pada Photoshop

    Layer adalah bagian yang terpenting dalam photoshop karena disitulah kita banyak melakukan akktivitas editingnya.Jika Layer pada photoshop kamu belum tampil , dapat kita tampilkan dengan mengklik menu windows pada menu bar atas lalu pilih layer.

    Setiap gambar,text,shape atau lainnya yang kita masukkan ke lembar kerja akan menjadi sebuah layer, maka dari itu penting untuk mengerti konsep dasar layer. Ditulisan saya ini, saya hanya akan memberikan dasar pemahaman layer saja.






    1. Mari kita perhatikan screenshot dibawah ini :

    Ada tiga layer bukan yang ada pada screenshoot diatas, yaitu antara lain :
    1. Layer 0 (background putih)
    2. Layer 1 (Gambar Promo irfanhikari.com yang persegi berwarna coklat kemerahan)
    3. Layer www.irfanhikari.com (text berwarna biru)

    Kamu dapat menghapus layer dengan cara :
    - Pilih layer yang ingin dihapus dengan cara mengkliknya lalu klik kanan dan pilih delete layer.

    Kamu dapat menduplikat leyer dengan cara :
    - Pilih layer yang ingin dihapus dengan cara mengkliknya lalu klik kanan dan pilih duplicate layer atau dengan shortcut [Ctrl + D]

    2. Posisi layer
    Posisi layer juga sangat penting, mari kita lihat screenshoot dibawah ini :
    Posisi layer www.irfanhikari.com tadi dipindah kebawah layer 1 maka hasilnya tulisan www.irfanhikari.com tadi menjadi tidak terlihat karena tertutupi oleh layer 1 yang merupakan gambar persegi tadi. Jadi kesimpulannya posisi layer menentukan urutan tampilan layernya, seperti halnya layer 0 yang merupakan background akan diletakan pada posisi paling bawah.


    3. Menampilkan dan Tidak Menampilkan Layer pada Lembar kerja


    Pada screenshoot diatas tampak yang tampil hanya background putih saja bukan ? Kenapa ? itu disebabkan oleh tanda mata atau eye yang berada disamping layer 2 dan layer www.irfanhikari.com dihilangkan makanya tidak tampil pada lembar kerja, untuk menampilkannya kembali kita cukup mengklik kotak tanda mata atau eye itu saja, setelah itu tanda mata itu akan kembali lagi serta akan menampilkan lagi layer tersebut pada lembar kerja. Intinya tanda mata atau eye tersebut berfungsi untuk menampilkan atau tidak menampilkan layer pada lembar kerja.

    Sekian dan Terimakasih , semoga bermamfaat !

  • Video of the Day

    Flickr Images

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13