• Mengatur Komposisi Photo Dengan Photoshop

    Komposisi  diartikan sebagai cara menata elemen-elemen dalam gambar, elemen-elemen ini mencakup garis, bentuk, warna, terang dan gelap. Dengan komposisi, foto akan tampak lebih menarik dan enak dipandang  dengan pengaturan letak dan perbandaingan objek-objek yang mendukung dalam suatu foto. Komposisi photo sangat penting dalam hal photography. Disini saya hanya memberikan cara  mengatur ulang kompisisi photo dengan photoshop.






    Langkah - langkah :
    1. Seperti biasanya buka file photo yang mau kamu ubah/atur komposisinya di photoshop, terus duplicate layer photo itu agar tidak merusak file aslinya saat dilakukan pengeditan, seperti gambar dibawah ini :


    2. Tekan shortcut [Ctrl + T] atau dengan cara buke menu Edit > Free Transform , akan tampak tampilan seperti dibawah ini :

    Keterangan :
    - Akan terbentuk garis seleksi pada photo tadi, mengikuti sisi-sisi pada photo.
    - Bentuk [kotak] pada photo yang ditandai dengan lingkaran merah itu lah tempat kita merubah kompisi photonya, dengan cara arah cursor ke kotak tersebut nanti  akan muncul cursor untuk memperbesar (tarik kesisi luar) dan memperkecil (tarik kesisi dalam).

    Saya terangkan lebih lanjut :
    1A = 1B = 1C = 1D = Untuk memperluas atau pun memperkecil ukuran photo secara menyeluruh.
    2A =AC = Untuk merubah tinggi photo.
    2B = 2D = Untuk merubah lebar photo.


    3. Saatnya mengatur komposisi photo, dalam mengatur kompisi photo saya hanya menggunakan fungsi memperluas atau memperkecil photo atau hanya menggunakan icon [kotak] free transform 1A, 1B, 1C, dan 1D, karena jika kita merubah tinggi atau lebar photo maka hasilnya tidak akan  baik. Pilih bagian sisi mana yang ingin kamu perluas ukurannya, ingat saat kamu ingin merubah ukurannya selalu tekan [Shift] agar bentuk photo tetap dan tidak berubah yang berubah hanya luasnya saja dengan perbesaran yang tetap, kamu juga bisa menggeser photonya dengan mendrag photonya ke sisi yang kamu ingin kan . Seperti gambar dibawah ini :


    Keterangan :
    - Perluasan photo dilakukan pada sisi 1C , lalu dilakukan pergeseran photo ke arah sisi 1A.


    4. Setelah selesai tekan [Enter] hasilnya akan seperti ini :



    Tampak lebih menarik bukan photonya setelah kita atur komposisinya, eleman-elemen penting saja yang kita tampilkan pada photo tersebut. Ada sedikit saran dari saya , jangan gunakan tool Crop jika kamu ingin menghilangkan elemen-elemen pada photo yang tidak kamu ingin tampilkan, itu karena Crop akan merubah ukuran photo asli kamu , mungkin efeknya ukuran photo tidak terlihat proposional dan saat dicetak atau diprint hasilnya kurang baik menurut saya.

    Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermamfaat !



  • Video of the Day

    Flickr Images

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13